SISI LAIN HAJI ZAENAL MUTAQIN, SOSOK PENGUSAHA SUKSES KOTA CIREBON


Alhamdulillah hari ini Rabu 27 Januari 2021 saya bisa bersua dengan tokoh inspiratif sekaligus pengusaha muda Cirebon Pak H. Zaenal Mutaqin, yang di banyak kalangan akrab disapa HZM. Saya pun ikut-ikutan menyapanya dengan sapaan HZM. Selain mudah diucap juga lebih asyik juga dengarnya. Pertemuan ini awalnya hanya sederhana namun sangat bermakna. Saya datang silaturahim biasa sekaligus mengantar buku terbaru saya yang beliau pesan beberapa waktu sebelumnya yang saya sebar di status facebook saya. 

Seperti yang sudah saya duga, sosok ini sangat komunikatif dan apresiatif. Sebuah ciri orang-orang sukses yang pernah saya baca di banyak buku dan beberapa orang diantara mereka pernah saya temui. Memulai perbincangan dengan santai namun bergizi. Diksi yang disampaikan tidak asal ucap, tapi punya makna. Setiap kata, termasuk canda sekalipun, selalu menyimpan pesan penting dan bernilai. Dalam beberapa waktu sosok ini pun membacakan beberapa ayat al-Quran dengan jelas sebagai basis motivasinya. 

Mungkin dalam bayangan orang, pengusaha sukses itu angkuh. Itu tergantung pengalaman masing-masing. Untuk sosok yang satu ini sangat berbeda. Ia memiliki spiritual yang terjaga. Bahkan hari ini ia menjalankan shaum sunah (shaum Daud). Ia juga memulai pembicaraan dengan tenang namun begitu apik mendengar pada saat saya bicara. Ia aktif bicara sekaligus telaten mendengar. Bersautan pembicaraan pun menjadi hiasan berharga pertemuan perdana saya dengannya. Sautan bukan sekadar sautan, tapi bernyawa konten yang sangat inspiratif dan memasa depan (futuristik).  

HZM pun sangat mengapresiasi saya yang selama ini aktif menulis artikel dan buku. Tidak heran bila sosok ini seketika langsung memesan buku saya. Bahasa pasarnya, buku saya diborong langsung. Tidak saja diborong, bahkan buku saya dibaca. Apresiasi lain, HZM mendukung aktivitas saya dalam menekuni dunia literasi terutama kepenulisan. Baginya, kegiatan kreatif dan produk kreatifitas adalah kekayaan berharga. 

Ada banyak hal yang dibincangkan pada pertemuan sekitar 2 jam ini. HZM tentu banyak bercerita seputar pengalaman membangun usaha dari awal hingga saat ini. Berbagai ujian selama memulai, jatuh-bangun dan meraih berbagai kesuksesan juga sempat diceritakan secara terbuka dan apa adanya. HZM bercerita tentang situasi dan kondisi sulit pada beberapa momentum, lalu kembali normal bahkan meraih pemasukan yang signifikan hingga saat ini. 

Di sela-sela perbincangan Owner Surya Shuttle ini menyampaikan bahwa dirinya sangat ingin Kota Cirebon lebih maju dan mencapai puncak kejayaan. Ia sangat ingin agar kesuksesan yang digapai kini bisa menyebar ke banyak orang. Memajukan Kota Cirebon perlu keterlibatan semua elemen. Perlu kerjasama dan kolaborasi yang ril. Sehingga Kota Cirebon menjadi tujuan wisata yang menjanjikan dan dapat menunjang kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, kunci pentingnya adalah ekonomi. 

Apa yang disampaikan HZM adalah letupan nurani yang bisa jadi merupakan suara nurani warga Kota Cirebon selama ini. Potensi Kota Cirebon begitu banyak. Dimensi potensinya pun beragam. Sehingga kalau dikelola dengan baik bakal menjadi potensi produktif yang fantastis. Menebar manfaat dan kebaikan juga terbuka lebar. Tak sedikit orang yang ingin berbuat bagi banyak orang di Kota Cirebon. Berbagai elemen kreatif juga tumbuh subur. Namun butuh kemampuan jenial agar potensi semacam itu mampu menjadi energi yang menggerakkan dan memajukan. 

Karena itu sektor ekonomi perlu mendapat perhatian banyak kalangan. Kemampuan menata ekonomi bakal berdampak pada aspek lainnya. Bukan saja aspek pendidikan dan kesehatan tapi juga aspek sosial dan kesejahteraan. Ekonomi bukan saja seputar makan atau minum, tapi tentang mental membangun usaha dan kehendak bermanfaat banyak bagi banyak orang. Bila tujuan membangun sektor ekonomi adalah mulia maka dengan sendirinya sektor ini bakal bermanfaat bagi sektor lainnya. 

Kini di sela-sela memajukan berbagai bidang usaha, HZM juga kerap melakukan advokasi sosial di tengah masyarakat. Termasuk melakukan pemberdayaan masyarakat di sektor ril yang berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat Kota Cirebon. HZM juga mengkhtiarkan unit usahanya untuk membantu masyarakat, terutama pada masa pandemi yang sudah hampir setahun ini. HZM pun menjadi motivator atau inspirator yang handal. Bukan saja pada kata-katanya tapi juga pada tindakan nyatanya. 

Bila ditelisik, apa yang dilakukan oleh HZM adalah bentuk ril dari gerakan literasi. Sebab literasi tidak melulu berbicara tentang tulis-menulis, tapi juga tentang ide, narasi, pengetahuan, digitalisasi, kreatifitas, kolaborasi, komunikasi, dan sebagainya. HZM pun telah berupaya untuk mewujudkan literasi dalam bentuk yang lebih aplikatif dan berdampak luas bagi kepentingan masyarakat. 

Tak salah juga bila sebagian kalangan dan komunitas di Kota Cirebon menyematkan suami Ketua DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024 (Bu Affiati, A.Ma) ini sebagai Bapak Literasi. Karena pada faktanya demikian. Ia bukan saja peduli terhadap kalangan muda yang gandrung dunia kepenulisan, tapi juga menginspirasi mereka agar semakin produktif dalam menebar manfaat bagi banyak orang. Bukan pada sisi ini saja, tapi juga pada sisi pengembangan usaha dan ekonomo kreatif. 

Menjelang perbincangan berakhir saya pun sempat menyerahkan beberapa buku terbaru saya kepada sosok yang suka membaca buku ini. Buku yang saya maksud diantaranya: Membaca Politik Dari Titik Nol, Politik Cinta, Plan Your Success, Menjadi Pendidik Hebat, dan Melahirkan Generasi Unggul. Lima buku ini sendiri semuanya terbit pada akhir 2020 lalu. Insyaa Allah dalam waktu dekat buku saya yang terbaru juga bakal diterbitkan lagi. 

Secara pribadi saya berharap dalam waktu dekat sosok yang murah senyum ini bisa berkolaborasi dengan saya untuk menulis buku. Temanya bisa dibincangkan atau disepakati. Bisa seputar entreprenership, motivasi, pengembangan diri, pelayanan publik, pemberdayaan destinasi wisata, pariwisata, dan masih banyak lagi. Intinya, sosok seperti ini sangat dinantikan oleh warga Kota Cirebon. Baik ide, pikiran dan pengalamannya, maupun kemampuannya untuk meningkatkan taraf pendidikan dan ekonomi masyarakat serta memajukan Kota Cirebon itu sendiri. 

Secara khusus kepada komunitas apapun di Kota Cirebon dan sekitarnya, terutama kalangan muda Kota Cirebon, saya anjurkan untuk datang silaturahim ke tempat sosok inspirator ini. Tak perlu bingung mencari alamatnya. Silahkan langsung saja datang ke kantor Surya Shuttle yang beralamat di Jl. Evakuasi No. 16 A, Kota Cirebon-Jawa Barat. Saya sangat percaya siapapun yang datang bakal mendapatkan energi positif, motivasi, pengalaman dan berbagai hal yang hanya bisa diperoleh bila datang langsung dan bersua atau berbincang langsung dengan sosok yang akrab dengan semua kalangan ini. Akhirnya, terima kasih banyak Pak HZM! (*)


* Oleh: Syamsudin Kadir, Penulis Buku "Plan Your Success". 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Memilih Muhamad Salahudin Pada Pileg 2024

Mengenang Mama Tua, Ine Jebia

Jadilah Relawan Politik Tanpa Mahar!