SELAMAT DATANG USTAZ SOLMED DI MANGGARAI BARAT


TAK disangka, akhirnya rencana Tablig Akbar di Manggarai Barat bakal menjadi kenyataan alis terwujud. Hal itu paling tidak didukung oleh informasi yang saya peroleh hari ini Jumat 28 Agustus 2020 bahwa Narasumber sudah sampai di Kota Labuan Bajo. Dan memang Narasumber benar-benar sudah sampai di Kabupaten paling barat pulau Flores-NTT ini. 

Ya, selamat datang Ustaz Soleh Mahmoed Nasution atau akrab disapa Ustaz Solmed di Bumi Toleransi dan Damai, Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat-NTT. Sebuah penghormatan bagi warga Manggarai Barat karena Ustaz berkenan hadir dan bersedia menjadi Narasumber kegiatan yang tergolong sangat spesial dan bermanfaat ini. 


Menurut rencana, Ustaz yang kerap menjadi narasumber di berbagai acara Tablig Akbar dan Stasiun TV nasional ini akan menjadi Narasumber acara Tablig Akbar yang akan dilaksanakan pada Ahad 30 Agustus 2020 nanti. Menurut rencana, acara ini dimulai pukul 08.30 WITA hingga selesai, dan bertempat di Masjid Nurul Falah, Wae Mata, Labuan Bajo, Manggarai Barat-NTT. 

Kehadiran Ustaz Solmed bakal menambah solid dan mengokohkan kebersamaan umat Islam di Mabar selama ini. Bukan sesama muslim saja, bahkan juga bakal semakin mengakrabkan hubungan baik antar umat muslim dengan non muslim di Mabar, yang memang selama ini sudah terjaga dengan baik. 

Hubungan baik semacam itu terlihat sangat jelas dalam berbagai kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial serta hubungan sosial sehari-hari antar warga. Terlihat jelas betapa warga Mabar sudah terbiasa dengan keragaman dan mereka menikmati keragaman sebagai sebuah anugerah yang sangat indah. 

Dalam berbagai forum dan tulisan saya sering mengatakan bahwa Mabar itu adalah bumi toleransi dan damai. Mabar itu sudah layak menjadi ibukota bagi keragaman yang produktif. Bahkan saat ini saya masih menuntaskan sebuah buku tentang nilai-nilai dan fakta keragaman dan toleransi di Mabar. Semoga dalam waktu dekat sudah bisa diterbitkan menjadi buku. 

Sebagai warga asli Mabar, saya berharap agar seluruh elemen umat Islam di Mabar berkenan hadir di acara yang bakal diliput berbagai media massa dan media online ini. Ini adalah momentum berharga dan layak diapresiasi. Tentu dengan catatan, penyelenggaran acara tetap dalam bingkai protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19 yang hingga kini masih menghantui negara kita. 

Selebihnya, saya mendoakan semoga acaranya lancar dan mampu mengakrabkan semua elemen di Mabar yang sangat terkenal dengan Komodo dan destinasi wisatanya yang mempesona, indah juga mendunia. Betul bahwa selama ini sudah akrab, tapi ingin sekali agar semakin diakrabkan lagi. Karena modal penting dalam kehidupan di daerah dan dalam berbangsa yang multi kultur, suku, ras dan keyakinan adalah tak pernah lelah menjaga keakraban. 

Energi keakraban akan menjadi modal penting kita, terutama warga Mabar, dalam membangun kebersamaan yang semakin produktif. Kebersamaan yang bukan saja bersapa dan bersua, tapi bersama dalam membangun Mabar, menjaga keutuhan bangsa dan memajukan negara tercinta Indonesia. 

Singkatnya, hadirnya Ustaz Solmed adalah momentum untuk meneguhkan dan mengokohkan kebersamaan umat Islam di Mabar bahkan semua elemen termasuk hubungan baik antar muslim dengan elemen non muslim di Mabar. Singkatnya, mari gembirakan keragaman kita dengan senyuman dan cinta! (*)


* Judul tulisan "Selamat Datang Ustaz Solmed Di Manggarai Barat", oleh Syamsudin Kadir, Penulis buku "Selamat Datang Di Manggarai Barat" dan "Melahirkan Generasi Unggul". 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Memilih Muhamad Salahudin Pada Pileg 2024

Mengenang Mama Tua, Ine Jebia

Jadilah Relawan Politik Tanpa Mahar!