KREATIF ITU HEBAT

SALAH satu kosa kata yang melekat pada berbagai perbincangan dan obrolan banyak kalangan akhir-akhir ini adalah milenial. Milenial akrab dinisbatkan kepada anak-anak muda, bahkan anak-anak usia Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). 

Salah satu ciri sekaligus keunggulan anak milenial termasuk anak usia SD yang juga milenial itu adalah kreatifitas. Karena kreatifitas mereka membuat kita atau penikmat karya mereka merasa terhibur. Mereka memang unggul pada daya imajinasi untuk menghasilkan karya. Kadang, saking unggulnya, karya mereka melampaui karya orang dewasa. 

Foto berikut adalah dokumentasi karya kreasi plastisin anak saya yang pertama Azka Syakira dan teman-temannya di SDIT Ibnu Abbas, Talun, Cirebon-Jawa Barat, hari ini Sabtu 15 Februari 2020. Ini merupakan salah satu kreatifitas pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBP) pada kelas 2B sekolah ini. 

Dengan bimbingan seorang Wali atau Guru Kelas bernama Ibu Zerlina Yusi Aulinisa (Bu Yusi) yang juga kreatif, Azka Syakira dan teman-temannya sukses menghasilkan karya yang oke punya. Salah satu hal yang unik, adalah, bahan bakunya sama, tapi hasilnya berbeda. Itulah ciri kreatifitas. 

Apa yang mereka karyakan adalah wujud nyata bahwa anak seusia mereka memang sangat kreatif. Bukan terutama pada kualitasnya, tapi pada kemampuannya menghasilkan karya produktif. Walaupun karya mereka memang berkualitas. Mereka telah membuktikan bahwa anak milenial bisa berkarya dengan karya yang produktif dan bermanfaat. 

Bahwa anak milenial tak melulu akrab dengan pergaulan yang tak bermanfaat dan menghabiskan waktu hanya untuk hal yang sia-sia. Justru anak milenial mesti menjadi pelaku kebaikan dalam bentuk karya yang bermanfaat. Minimal membangun dan menguatkan daya imajinasi mereka. Intinya kreatif itu hebat!   

Saya sendiri belum bisa menghasilkan karya semacam itu. Bukan tak mau. Tapi memang potensi saya sejak kecil bukan pada bidang seni. Tapi pada bidang tulis-menulis dan olahraga, tepatnya sepak bola. Ya, intinya mereka lebih hebatlah daripada saya.  

Mudah-mudah SDIT Ibnu Abbas, Talun, Cirebon, Jawa Barat, semakin kreatif dan terus meningkatkan jenjang menjadi sekolah yang bermutu dalam banyak bidang. Kerjasama Para Guru, Orangtua dan Peserta Didik atau Siswa-Siswi adalah kunci atau modal utamanya. 

Terima kasih banyak kepada Bu Yusi yang telah banyak mengajar, membimbing dan membina siswi kelas 2 B, khususnya anak saya Azka Syakira. Semoga semua jasa baiknya mendapat balasan terbaik dari Allah Yang Maha Melihat dan Maha Kaya!  

Khusus untuk anak saya, Azka Syakira, semoga semakin kreatif ya anak sayang. Terus belajar dan jangan pernah kalah oleh lelah juga keterbatasan diri. Jaga semangat dan motivasi diri serta tinggikan cita-cita, agar kelak mampu menghasilkan karya yang lebih baik dan berkualitas, sehingga bermanfaat bagi siapapun. Ingat, kreatif itu hebat! (*)


* Judul asli tulisan: 
KREATIF ITU HEBAT
"Apresiasi untuk Siswi 2B SDIT Ibnu Abbas"

Oleh: Syamsudin Kadir 
Penulis Essay-Artikel di Berbagai Media Massa 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Memilih Muhamad Salahudin Pada Pileg 2024

Mengenang Mama Tua, Ine Jebia

Jadilah Relawan Politik Tanpa Mahar!