AYO KE MANGGARAI BARAT!

Manggarai Barat atau Mabar adalah kabupatem baru di propinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Ia merupakan kabupaten hasil pemekaran Manggarai pada 2003.

Mabar merupakan kabupaten ujung paling barat propinsi NTT. Ia termasuk salah satu kabupaten di pulau Flores. Tepatnya di ujung paling barat pulau Flores.

Mabar merupakan daerah yang memiliki destinasi wisata yang begitu kaya. Panorama alamnya juga begitu indah. Tradisi dan adat istiadat daerahnya sangat khas dan kaya nilai.

Selain itu, daerah di mana binatang langka, Komodo, ini menetap, juga memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Selain hutan dan pegunungan yang kaya sumber daya dan burung langka di dunia, di Mabar juga terdapat berbagai gua, pantai, dan sebagainya.

Selain itu, di Mabar yang beribukota Labuan Bajo ini terdapat berbagai potensi unggulan dari bidang pertanian dan kehutanan juga kelautan. Dari persawahan dan perkebunan yang begitu luas, hingga laut yang kaya ikan dan serupanya.

Danau Sano Nggoang juga terdapat di Mabar. Ia merupakan salah satu danau terbesar di NTT bahkan Indonesia. Suasana danau dan sekitarnya sungguh mengagumkan. Selain indah juga penuh pesan. Hadir di sini bikin mata dan hati tertarik dan enggan pulang.

Sekadar memperjelas, di Mabar terdapat hutan dan gunung Mbeliling. Selain itu ada juga hutan dan gunung Manting dan Sengang. Di ketiganya terdapat beberapa jenis burung langka di dunia. Datang ke tempat ini bikin ketagihan dan lagi-lagi bakal enggan pulang.

Di Labuan Bajo dan sekitarnya juga terdapat tujuan wisata yang oke punya. Ada pantai Pede dan pantai Gorontalo, air terjun Cunca Rami dan Cunca Wulang, pulau Padar, pulau Rinca dan pulau Komodo.

Di Lembor Selatan terdapat pantai Mberenang dan Nangalili. Juga beberapa objek wisata yang sangat indah. Begitu juga di Kuwus, Boleng dan sebagainya, terdapat berbagai objek wisata yang oke punya.

Tentu masih banyak destinasi wisata dan panorama alam di Mabar. Saya tidak bisa menyebut dan menjelaskan satu persatu dalam tulisan sederhana ini. Akan lebih kren manakala pembaca langsung datang saja ke Mabar. Nanti bakal merasakan keunikan dan keindahan yang tak bakal ditemukan di tempat lain di dunia.

Nah, sebagai pemantik sekaligus informasi awal bagi pembaca, buku berjudul "Selamat Datang Di Manggarai Barat" ini hadir menjadi teman setia. Buku ini tentu tidak sedang menggurui pembaca, sekadar berbagi informasi apa adanya tentang Mabar.

Buku setebal 200 halaman ini saya tulis secara keroyokan dengan sahabat saya Pak Muhammad Achyar atau Nana Achyar yang belakangan digadang-gadang sebagai bakal calon Wakil Bupati Mabar. Berita baiknya, buku ini disusun berdasarkan hasil bacaan atas berbagai buku, tulisan lepas juga hasil kunjungan ke Mabar selama beberapa tahun terakhir.

Oke, tak perlu panjang-lebar. Bagi yang hendak memiliki dan membaca buku yang pernah dilaunching dan dibedah pertama kali pada Sabtu 2 November 2019 lalu di Hotel Pelangi, Labuan Bajo, ini, silakan hubungi saya di nomor WhatsApp 085797644300. Semoga bukunya dibaca dan bermanfaat! (*)


* Judul asli:
AYO KE MANGGARAI BARAT!
"Menelisik Surga Dunia-Labuan Bajo"

Oleh: Syamsudin Kadir
Penulis buku "Selamat Datang Di Manggarai Barat"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Memilih Muhamad Salahudin Pada Pileg 2024

Mengenang Mama Tua, Ine Jebia

Jadilah Relawan Politik Tanpa Mahar!