SEGERA TERBIT BUKU BARU BERJUDUL "DREAM, LIFE and LOVE" 

Coba deh bikin target. Pokoe bulan Desember 2019 wajib punya buku karya sendiri. Maksudnya karya terbaru. Judulnya: "DREAM, LIFE and LOVE". Ingat, pokoe kudu terbit.

Terus bikin plan. Ya rencana gitu deh. Mau menulis apa aja. Kalau tema-tema how to ya bagus tuh. Asal masih dalam bingkai "DREAM, LIFE and LOVE".

Aku mesti fokus, tentu saja. Setiap hari mesti ada karya tulis. Tulisannya ditampung dalam file khusus. Aku mesti sungguh-sungguh, berkorban dan serius.

Di sini tak boleh ada alasan untuk berhenti atau malas. Kecuali ajal kematian tiba. Ingat, tak boleh sibuk membuat alasan tuk malas. Lebih baik sibuk membuat alasan tuk rajin dan telaten menghasilkan karya tulis.

Ingat, aku mesti aksi nyata alias menulis setiap hari. Manfaatkan waktu sore hari. Boleh juga tuh. Atau pagi hari juga asyik. Tepatnya dini hari. Jam 2 sampai 4 pagi. Intinya sebelum subuh.

Kan lumayan sepi dan udaranya masih sejuk. Pastinya bisa menulis banyak hal. Asal masih dalam bingkai naskah buku yang sudah terjadwal seperti yang aku bilang di awal.

Setiap menulis, atau ketika sudah tertulis, aku wajib membagi ke semua orang. Atau tulisanya dishare ke media sosial dan tag semua teman. Minimal mereka bisa paham dan mendukung soal buku baru yang sedang aku garap.

Salah atau benarnya tulisan, bagus atau tidaknya tulisan, itu semuanya nanti. Biar pembaca yang menilai. Tugasku hanya menulis. Terus share. Begitu seterusnya. Tak usah tergoda dengan komentar bahkan hinaan pembaca.

Aku harus maksa diri. Ya menulis itu memang mesti dipaksa. Kalau rasa malas datang, paksa diri lagi. Paksa terus dan begitu seterusnya. Sampai tak ada alasan untuk berdiam diri. Dan, sampai aku tergoda terus untuk menghasilkan karya tulis yang layak dibaca.

Kalau engga serius, silakan minggir! Begitu aku menyemangati diri aku dalam menghasilkan karya tulis. Agar semangat terus menggebu, aku mesti membaca berbagai sumber bacaan. Atau minimal berbagi semangat menulis dengan siapapun.

Selebihnya ya terus berkarya. Kalau sekadar mengeong, kucing pun bisa. Kalau sekadar mengembik, kambing pun bisa. Kalau sekadar menggonggong, anjing pun bisa. Dan aku bukan kucing, bukan kambing dan bukan anjing. Tapi temannya kucing, kambing dan anjing. Maklum sesama makhluk Allah. (*)


Perpustakaan Rumah
Senin 11 November 2019
Pukul 20.00-20.20 WIB


SYAMSUDIN KADIR
085797644300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Memilih Muhamad Salahudin Pada Pileg 2024

Mengenang Mama Tua, Ine Jebia

Jadilah Relawan Politik Tanpa Mahar!