PEMBINAAN DESA MODEL PKK NTT DI DESA GOLO SENGANG MANGGARAI BARAT

Desa Golo Sengang merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai-NTT. Desa ini tergolong terpencil sekaligus jauh dari ibukota Mabar. Sehingga berbagai "barang mewah" ala kota jarang bahkan tidak ditemukan di Desa yang berprestasi dan unggul ini.

Walau begitu, Desa ini telah melahirkan 100-an lebih sarajana. Bukan saja S1 dan S2 tapi juga S3. Kepala Desa Desa Golo Sengang dari periode pertama hingga sekarang memiliki prestasi masing-masing. Bahkan dalam berbagai kegiatan tingkat Kecamatan dan Kabupaten, Desa yang warganya terkenal santun dan ramah ini, kerap mendapatkan decak kagum dari berbagai pihak.

Desa Golo Sengang sendiri terus meningkatkan kualitas pelayanannya terhadap warga. Hal ini tentu butuh SDM yang berkualitas. Sehingga perlu pembinaan lebih serius dan berkanjut bagi mereka yang bertugas untuk itu, termasuk PKK sebagai salah satu garda pembangunan Desa.

Beberapa foto ini adalah sebagian dokumen kegiatan Pembinaan Desa Model PKK Propinsi NTT di Desa Golo Sengang, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat beberapa waktu lalu. Acara ini dihadiri oleh unsur PKK NTT, Kepala Desa Golo Sengang, Pengurus PKK Desa, Tokoh Masyarakat Desa dan sebagaianya.

Agenda semacam ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik, di samping kualitas masyarakat itu sendiri dalam berbagai aspeknya. Tentu tak cukup dengan satu kegiatan. Tapi kegiatan semacam ini merupakan upaya jenial dan layak diapresiasi.

Selain kegiatan seperti ini, ke depan berbagai program atau kegiatan Desa bisa dielaborasi dengan kreatif, sehingga bisa melibatkan semua warga, atau paling tidak delegasi masing-masing Dusun, baik Cereng dan Ceremba maupun Leheng.

Narasi "Membangun Dari Desa" yang disuarakan oleh banyak kalangan selama beberapa tahun belakangan sejatinya bertumpu pada banyak hal, terutama pada kualitas PKK. Baik itu SDM-nya maupun program atau kegiatannya.

Terima kasih atas dukungan Bapak, Ibu dan Warga Desa Golo Sengang, sehingga Kegiatan Pembinaan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Harapannya, kegiatan seperti ini diadakan kembali dengan jumlah peserta yang semakin banyak. Sehingga dampaknya juga semakin luas.

Mari bergandengan tangan, jaga soliditas, kekompakan dan kerjasama yang baik dalam memajukan Desa kita. Kalau hal-hal seperti ini kita jaga dengan baik, maka Desa kita akan menjadi Desa unggul, terbaik dan prestatif! (*)


SYAMSUDIN KADIR
Warga Cereng-Desa Golo Sengang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Memilih Muhamad Salahudin Pada Pileg 2024

Mengenang Mama Tua, Ine Jebia

Jadilah Relawan Politik Tanpa Mahar!